Senin, November 05, 2007

Foke Ngeles : Saya Tak Jamin Jakarta Bebas Banjir

[Okezone Dotcom] - Pemprov DKI selalu menjadi perhatian dalam penanganan banjir di Jakarta. Namun, Gubernur DKI Fauzi Bowo malah mengatakan tak bisa menjamin Jakarta bebas banjir. "Untuk mengantisipasi korban jiwa saya optimis bisa kita handle. Tapi kalau tidak ada genangan atau banjir, itu yang saya tak bisa jamin," kata Fauzi Bowo, di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2007).

Pria yang akrab disapa Foke ini mengelak saat pernyataan tersebut, diartikan sebagai tidak adanya upaya penanganan khusus daerah rawan banjir seperti kawasan Kampung Melayu.
"Sudah saya bilang mereka itu tinggal di badan kali. Yang bisa kita lakukan dalam waktu dekat hanya prewarning mereka, supaya waspada dengan genangan air, agar tak ada korban jiwa," jelasnya.

Sementara untuk mengatasi sampah di pintu air Manggarai, Foke akan meminta partisipasi pejabat di tingkat kecamatan dan kelurahan. Camat dan lurah di sepanjang bantaran Kali Ciliwing diimbau dapat melakukan penanganan masyarakat untuk tak membuang sampah ke kali.

"Sekarang pintu air Manggarai bukan saja pintu air lagi tapi juga jadi pintu sampah. Dalam satu hari saja, sampahnya bertruk-truk, belum lagi di aliran sungainya," keluh Foke. Sosialisasi itu juga akan digalakkan Foke melalui program Gubernur Mendengar. "Mulai minggu depan saya pusatkan di wilayah Jakarta Timur," pungkasnya. (Senin : 5/11/2007)

Tidak ada komentar: