Sabtu, November 03, 2007

Banjir Kiriman Bakal Melanda Jakarta

[Bisnis Jakarta] - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Stasiun Klimatologi Darmaga Bogor mengimbau, agar masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor,Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), agar lebih waspada dalam menghadapi datangnya musim penghujan tahun ini.

Pasalnya, BMG sendiri telah memperkirakan cuaca ekstrim dengan curah hujan yang sangat tinggi disertai angin kencang dan petir masih menjadi ancaman serius bagi masyarakat Jabodetabek beberapa bulan ke depan. "Dari pantauan dan perkiraan kami, cuaca ekstrim dengan curah hujan yang tinggi di wilayah Bogor dan Puncak itu akan terjadi pada bulan-bulan ini sampai pertengahan Februari mendatang. Kondisi cuaca demikian sudah pasti akan berdampak dengan terjadinya banjir bandang (kiriman) dari Bogor ke Jakarta ," kata Ketua Kelompok Data dan Analisa Stasiun Klimatologi Bogor Drs. Hendri Antoro, saat ditemui di kantornya kemarin.

Lebih lanjut Hendri menjelaskan, cuaca ekstrim yang ia maksud terjadi akibat perubahan suhu mendadak yakni dari suhu panas ke dingin seh- inga berpotensi terjadinya tekanan udara yang akhirnya memicu terjadinya angin Puting Beliung disertai, banjir dan petir. Di Bogor dan Puncak rata-rata hujan berkisar antara 50 sampai dengan 100 mm per hari. Itu artinya saat ini wilayah Bogor dan sekitarnya sudah mulai memasuki musim pancaroba.

Curah hujan berada di bawah 100-200 mm perhari dan masih normal. sejumlah wilayah curah hujan tinggi. Masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) dan rawan banjir agar senantiasa waspada datangnya banjir bandang. "Banjir bandang (kiriman) bisa saja terjadi karena di Jakarta cerah, namun di Bogor dan Puncak hujan lebat maka sudah pasti terjadi banjir, karena air dari Bogor ini mengalirnya ke Jakarta melalui dua sungai besar yakni kali Ciliwung dan Cisadane," ujarnya.

Kondisi tersebut, tambahnya, belum lagi diperparah dengan terjadinya hujan lokal dan pasangnya air laut di daerah hilir (Jakarta), sehingga ibu kota kembali dilanda banjir. (Jumat : 2/11/2007)Simpan Sekarang

Tidak ada komentar: