Rabu, Oktober 10, 2007

Fauzi Bowo Prihatin Maraknya Peminta-Minta

[Jurnal Nasional] - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengaku prihatin terhadap maraknya peminta-minta di Jakarta. Ia pun menugaskan aparat Pemprov DKI untuk meneliti penyebab munculnya mereka dengan modus membawa gerobak tidur dan tidur di tepi jalan terutama mendekati masa lebaran.

Ia pun meminta dinas terkait untuk meneliti, apakah peminta-minta musiman itu warga Jakarta atau pendatang. "Saya kasihan juga melihat mereka. Namun yang harus kita ketahui adalah apakah mereka warga pendatang atau bukan. Bila pendatang maka akan dipulangkan," tegasnya.

Ia menambahkan dari laporan sementara yang diperolehnya ada indikasi bahwa para peminta-minta itu dikoordinasikan atau diatur oleh seorang koordinator dan dibebani memberikan sejumlah setoran ke koordinator itu.

"Laporan dari Walikota Jakarta Selatan, sekitar dua pekan yang lalu ada dua koordinator yang tertangkap. Diperoleh keterangan mereka bisa mengoordinasikan hingga 150 orang dan meminta setoran per harinya Rp35.000 hingga Rp40.000," ungkapnya. Bila itu benar, masih menurut Fauzi , maka koordinator itu setidaknya dalam satu hari memperoleh uang yang cukup besar. (*)

Tidak ada komentar: